Masalah Motor Vixion Sering Nyendat-Nyendat, Ini Solusinya!

Posted on

Masalah Motor Vixion Sering Nyendat-Nyendat, Ini Solusinya!Halo kawan-kawan seluruh bagaimana kabarnya?? kali ini saya mau share pengalaman waktu memakai Yamaha Vixion. Pasti tahukan apa itu yamaha Vixion. Kira-kira pengalaman tentang apa ya? pengalaman manis atau pengalaman getir ya? Dari kepada resah langsung simak aja gan!!
Begini gan awal ceritanya, Pada waktu saya lagi bepergian menurut Kediri-Surabaya, ini bukan bepergian buat touring atau liburan tapi bepergian saya dalam Nge Gembell ILmu (menuntut ilmu kalo dalam bahasa indonesia). Wajar saja kalo acapkali bolak-balik Kediri-Surabaya 3-4 minggu sekali, rumah saya di Kediri dan loka kuliah saya di Surabaya. Demi buat meraih cita-cita menjadi anak emas kebanggaan orang tua juga Bangsa Indonesia saya rela dan ikhlas di atas sepeda motor selama sekitar 3 jam buat sekali bepergian pergi saja.
Tapi bukan itu yang ingin saya bahas disini. Saya ingin membahas tentang motor yamaha vixion nya bukan orang yang naikin motornya. Pada suatu bepergian pulang menurut Surabaya saya merasa terdapat yang gak beres beserta motor vixion ane tidak seperti biasanya. Gak beresnya itu yaitu kepada waktu ane main di gigi(persneling) 4-5 itu motornya acapkali nyendat-nyendat padahal gas saya tarik permanen. Dan masalahnya lagi kepada waktu gas saya tarik kencang malah respon akselerasinya lambat banget. Ini yang lebih parah kepada waktu masuk gigi 5 malah speednya menurun. Dan anehnya lagi perkara ini hanya terjadi di gigi 4-5 kalo di gigi 1-2-3 normal-normal saja. Dalam benak saya berfikir mencoba menganalisa kira-kira ini akar masalahnya apa ya??? padahal saya selalu servis dan ganti oli secara rutin bengkel resmi yamaha. Mulai disinilah timbul tanda tanya besar, apakah saya harus bertanya kepada rumput yang bergoyang???
Keesokan harinya saya langsung membawa si vixi ke bengkel resmi yamaha yang sudah menjadi langganan saya, disana saya ceritakan seluruh keluhan yng terjadi di vixi saya. Setelah itu saya percayakan si vixi kepada mekanik buat dihukum. Setelah sekitar 1 jam menunggu akhirnya selesai juga eksekusinya. Langsung dah saya coba beserta semangat baru, emang di awal percobaan terasa nyaman dan kayaknya sudah kembali seperti semula. Namun setelah sekitar tiga hari dipergunakan kog masalahnya muncul lagi ini bagaimana. Akhirnya saya datangi lagi ke bengkel yamaha tadi buat kedua kalinya dan menceritakan keluhan yang sama, seperti kepada waktu datang pertama dulu. Selanjutnya dicek sama mekaniknya. Pada waktu pertama dulu katanya masalahnya terdapat di selang injeksinya yang kotor dan udah dibersihin. Terus buat yang kedua ini kayak nya mekaniknya juga resah dan gak nemuin akar masalahnya. Dan akhirnya mekaniknya bertanya kepada saya apakah si vixi pernah kehabisan bensin? ya saya jawab belum pernah. Dalam hati saya berkata mana mungkin saya menelantarkan si vixi sampe kelaparan begitu. Setelah itu mekaniknya punya solusi yaitu menambah jumlah semprotan bahan bakar melalui selang injeksi. Wah apa maksudnya ya?? Intinya itu motor disetting buat lebih boros bahan bakar tujuannya supaya tarikannya lebih enteng. Tapi apa output menurut itu seluruh Nol Besar(Nihil), gak ngefek sama sekali. Masalahnya permanen saja muncul, Akhirnya saya mulai mengumpulkan liputan mulai menurut teman hingga mbah Google saya tanyai tentang perkara di vixi saya. Ternyata saya mampu rekomendasi buat mengganti busi di motor saya. Pada awalnya saya hampir gak percaya, emangnya busi ngaruh ya sama akselerasi. Untuk yang Ketiga kalinya saya datang ke bengkel resmi yamaha dan businya saya ganti dan apa yang terjadi??? Hasilnya luar biasa, motor vixi saya udah kembali normal. Masalah-perkara itu udah gak muncul lagi. Ini tampaknya busi lama itu percikan apinya udah gak penekanan kali ya, makanya harus diganti yang baru.
Ternyata oh ternyata masalahnya hanya terdapat kepada busi. Bagi Sobat seluruh andai saja terdapat yang memiliki perkara di motor vixion nya (bagi yang punya,hhe) seperti yang saya alami di atas, mampu coba ganti businya seperti yang saya lakukan tadi.
Sekian dulu share pengalaman menurut saya. Semoga berguna!!!
Source: Nge Gembell ILmu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *